close
yustisi-bangunan

Ratusan pelanggar Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menjalani sidang yustisi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara. Masing-masing pelanggar diganjar sanksi denda mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 49 juta sesuai jenis pelanggaran yang diatur dalam Pergub Nomor 128 Tahun 2012 tentang Pengenaan Sanksi Pelanggaran Penyelenggaraan Bangunan Gedung.

Dalam sidang tersebut para pemilik bangunan menjalani sidang Tipiring, karena terbukti bersalah, mereka divonis denda yang beragam sesuai tingkat kesalahannya.

“Totalnya ada sebanyak 350 pelanggar IMB dari enam kecamatan yang disidangkan hari ini. Wilayah Kecamatan yang paling banyak berada di Kecamatan Penjaringan sebanyak 191 pelanggar,” kata Kepala Seksi Penertiban Bangunan Ruang dan Bangunan Sudin Penataan Kota Jakarta Utara, Yudho

Sesuai dengan Perda No 7 tahun 2010 tentang Perizinan Bangunan meliputi IMB, maka setiap bangunan baru harus melengkapi persyaratan yang diatur dalam perda tersebut. Ada 350 bangunan tak berijin di Jakarta Utara yang terjaring operasi yustisi ini. Mereka yang melanggar kita serahkan ke pengadilan untuk di proses.

Dalam kesempatan itu Yudho berharap, hal ini bisa menjadi perhatian masyarakat sebelum membangun. Sehingga kedepanya masyarakat melengkapi IMB dan mengikuti aturan sesuai Perda No 7 tahun 2010 tentang IMB.

Jhon

The author Jhon

Leave a Response